Selasa, 01 Maret 2011

cerpen : akhir kisahku


By : Rhadisty Mooryati
            Aku sejak pulang sekolah masih duduk terdiam di kamar hingga matahari akan kembali terbenam, masih gelisah dengan pikiran dan hatiku. Masih ingin menenangkan pikiranku tentang semua hal yang akhir akhir ini terjadi pada diriku. Banyak hal dan masalah tentang hubungan ku dengan andri dan komentar sahabat ku tentang hubungan jarak jauh ku dengan andri yang gag jelas asal usul nya . Aku dan andri pertama kali kenal melalui internei lewat jejaring sosial chat dunia maya,karena sering chat dan ngobrol asyik dan nyambung akhir nya kami pun bertukar no hp.Perkenalan yang sangat aneh menurut sahabat ku.Tapi bagi ku aku dan andri sebelum nya sudah kenal dekat dalam waktu cukup lama,keputusan ku untuk menerima cinta nya pun sudah ku pertimbangkan ,lagi pula  sekarang aku dan andri sudah pacaran 1 tahun walau pun jarak jauh . Aku pikir ntar kan bisa deketan karena 1 bulan lagi aku akan pindah melanjutkan kuliahku di kota nya .  Hatiku juga sudah sayang banget denganny dan seperti nya andri juga beneran sayang aku walaupun pada awal pacaran andri tidak mengakui ku sebagai pacar nya di depan teman sekolahnya,pada akhir nya sekarang kan andri sudah mengakui ku sebagai pacarnya .Andri juga sudah berjanji padaku untuk setia dan jujur padaku selama jarak jauh sehingga aku percaya pada dirinya akan selalu menjaga hatinya untukku .Tapi disisi lain sahabat sahabatku menilai negatif tentang andri mulai dari dia hanya permainkan hatiku, manfaatin ku, pasti playboy , jangan percaya  hubungan jarak jauh dan kenal dari dunia maya, pacaran hanya dengan chat , telfon dan sms. Logikaku ingin mempercayai komentar sahabat ku akan tetapi hatiku membantah semua komentar itu karena aku sayang andri dan aku percaya pada nya .
            ” AH...sebel ..” ujar ku  .Beberapa bulan ini memang andri jarang telfon just sms aja tiap hari, rasa nya kangen mendengar suara nya. Aku pun memutuskan untuk menelfon nya. Aku pun mengambil handphone dan menelfon nya .
“ Hallo “sapa Andri menjawab telfon ku .”Ya, met sore ,,lagi pa ?” tanya ku memberi perhatian pada nya .” Lagi maen gitar “ jawab nya singkat . Aku pun yang masih galau dengan hatiku masih tetap sabar dengan sikap nya itu dan tetap memberi pperhatian padanya . “ udah lama ya  gag telfonan ,aku kangen bisa dengar suara mu,,,” jawabku lirih . “ udah dulu ya aku lagi sibuk maen gitar ni . lagian hp ku jg agag error speaker nya kalau buat telfon . “ jawab nya ketus .Aku masih terdiam dan kaget dengan perkataan andri itu padaku sebagai pacar nya.Aku menahan rindu pada nya hanya berharap bisa mendengar suara nya saja sudah membuat hatiku gembira walaupun tak bisa bertemu            . Aku yang awal nya berharap mendapat sambutan mesra dari nya,tiba tiba mendapat kenyataan yang berbeda. Mungkin kali ini harus mengalah dan mngerti kemauan diri nya lagi .Air mata ku tiba tiba mengalir deras dalam diam ku dan ku men jawab “ ya. Thanxz bwt  waktu nya “ , aku tutup telfon dengan air mata yang terus menerus mengalir deras . Sedih hati ku dengan sikap andri padaku dan sebagai pacarnya aku harus mengerti keadaannya walaupun andri tak pernah ingin mengerti  tentang diriku.
            Satnite malam ini ku jalani dengan perasaan sedih . Aku bergegas mandi dan setelah selesai shalat magrib hp ku berbunyi . Salsa sms aku  mengajak pergi untuk menemani ya nongkrong d cafe biasa aku dan sahabat sahabat ku hangout . Sesampai dicafe aku mencari salsa .“ huft..satnite yang nyebelin “ keluhku. “Emang ada pa  ? berantem ma Andri ? tanya salsa. “ Nggak berantem tapi tadi aku kangen dia pengen dengar ,Tapi malah marahin aku ,udah aku sabar aj dech  nangis sih tadi tapi gak apa apa kok dah biasa sabar dengan sikap nya yang terkadang nyakitin hatiku.” Kataku .  “ What ? dia sikap nya gitu, kok kamu betah selalu ngalah dengan sikap egois nya,sabar dan  ngertiin dia. Sementara dia belum tentu mau ngertiin kamu dan  bisa jadi dirimu yang kayak gini.Please dech tinggalin dia kalian juga LDR,Aku gag tega liat kamu“ jawab salsa menasehatiku . “ Udah ga papa aku masih bisa sabar ntar kalau sabar ku udah abis baru aku putusin “ jawabku pelan . “ Huft,,susah dech nasehatin orang yang cinta tulus banget ..mau dia bunuh kamu juga mungkin kamu rela buat bahagiain dia ” kata Salsa.
            Sudah tiga minggu,andri sikap nya sudah semakin membaik dan keliahatan nya dy semakin sayang aku. Mungkin karena hatiku tulus dan ikhlas selama ini dengannya. Semoga hal ini memang tulus dari hatinya untukku dan aku percaya dy gag akan nyakitin hatiku untuk ketiga kali nya , karena setahun pacaran aku mengetahui dia masih ada rasa dengan mantan nya dan setengah hati denganku. Semua sakit hati kuhadapi dengan sabar dan memaafkanny. Aku harap ga akan ada lagi sakit hati yang kesekian kali,
            Hatiku merasa senang ,semiggu lagi aku akan melanjutkan studyku dikota tempat tinggal Andri. Akhir nya setelah setahun lebih LDR ,aku akan bertemu dengannya. Aku gag sabar lagi pengen deket andri, bisa denger suara nya dengan jelas ,liat senyumnya dan menatap matanya
            Hari yang ku nantikan tiba, aku dan andri janjian ketemu di cafe. Aku berdandan secantik mungkin agar tak mengecewakannya dan tampil sempurna. Sesampai di cafe , aku berjalan sambil mencari andri yang memakai baju putih dan terlihat di sebuah meja di sudut cafe  sesosok pria berbaju putih dengan wajah manies dan terseyum padaku. Aku melihat nya dengan jantung berdebar debar , hatiku sangat senang akhir nya sekarang aku bisa bersamanya.
 “ Hy SAYANG ” katanya sambil tersenyum, Jantungku  brdetak tak karuan ,hatiku berseri-seri dan aku membalasnya dengan senyum manisku. “ Akhirnya kita bisa deket,deg-degan nih.” jawabnya nervous. Kita pun ngobrol dan menghabiskan malam indah ini berdua .
            Sudah dua bulan aku satu kota dengannya tapi aku ngrasa hubungan kita gag semakin dekat.Aku udah terlanjur memberi hati, ketulusan dan setiaku padanya. Aku masih ingin sabar menghadapinya. Jarak udah deket tapi ketemu bisa dihitung 1bulan 3x atau 2x. Padahal aku ingin semakin dekat.Aku merenung dengan hatiku yang galau,hp ku berbunyi.Ternyata dia menelfonku. “ Halo, lagi apa ? sapanya mesra. “ Akhirnya aku denger suaramu walau ditelfon, kangen. ” jawabku dengan manja. “Maafin ya,aku lagi sibuk dengan temenku dan bantuin ibu juga. ” jawabnya. “ Ya, gag papa aku ngerti dan sabar,denger suaramu aku udah seneng.” jawabku sabar
            Beberapa hari kemudian,aku sedang duduk termenung udah 3minggu gag ketemu Andri, apa gag ngrasa kangen aku ?. Aku selalu mengerti keadaannya,apa pernah dia sekali saja ingin mengerti perasaanku ?. Aku pn berpikir untuk menelfon andri .”Halo ” sapaku ramah. “ Ya, lagi apa ?“ jawabnya. “ lagi nyantai aja, kita udah 3 minggu gag ketemu padahal kita tinggal satu kota ,kamu maen dikostku ngobrol2 aja,gag perlu ngajak jalan. Aku seneng liat dan deket kamu itu udah buatku seneng.Bisa maen tempatku ntar mlm ? keluhku.
“ Mavin aku ? malem ini aku gag bsa maen ma kamu.Aku mau nemenin sahabatku shinta ke rumah temannya..gag ap kan ?
Mendengar hal itu aku gag bisa nahan emosiku dan sabar lagi karena selama ini aku udah cukup sabar menghadapi semua sikapnya padaku. “ What ? kamu udah 3 minggu ini waktunya  buat sahabatmu ,temenmu, dan bandmu.Tapi kamu gag ada waktu buat pacarmu sendiri,aku udah sabar banget ngertiin kamu,TERSERAH KAMU ! “ jawabku emosi dan menutup telfonnya.
            Aku menangis merasakan hatiku yang terlalu sabar ,pengertian, ikhlas, dan tulus padanya ,Tapi kenapa dia gag pernah menghargai semua itu, selama aku nangis pun dia gag menelfonku atau smsku untuk minta maaf dan mengkhwatirkan keadaanku. Aku dah gag kuat kalau terus begini .
            Aku pun menelfon lina untuk mengajaknya ke cafe untuk menhilangkan penatku dan semua pikiranku dan sesampai di cafe aku menceritakan semua sikap Andri padaku .
“ aduh Dyra, kamu kenapa sih masih dengan Andri. Kamu sering banget disakitin dia. Kamu terlalu sabar sih, apa-apa dimaafin di ngertiin walaupun harus mengorbankan perasaanmu, setia banget lagi dengan cowok kayak Andri gitu. Aku gag tega liat kamu gini Dyra.Aku gag mau kamu terus ngalah gini, saranku kamu udahin hubungan ma Andri . Jangan korbanin hatimu terlalu jauh lagi. “ kata Lina dengan menatapku sedih.
“ aku cuman mau buat dia bahagia karena aku sayang ma dia....ak...akku.”  aku tak bisa lagi melanjutkan kalimatku, airmataku mengalir deras membasahi pipiku gag bisa lagi menahan emosi dan perasaanku saat ini .Terlalu sesak dadaku walau aku tahu airmataku tak kan menyelesaikan semuanya .
“ Dyra pulang yuk udah malem.” kata Lina mengajakku pulang.  ” Hikss..hiksss...ya..dch...q juga udah capek pikiran dan  badan nih mau istirahat “ jawabku lirih.
            Kami pun menuruni tangga ke lantai 1 cafe ini. Tiba lina batuk
“ O..m...God...uhuk..uhukk..” Lina kaget dan  batuk batuk. “ Lin,kamu gag papa kan “ tanyaku padanya . Aku merasa ada yang aneh dengan sikap Lina,sepertinya dia menyembunyikan sesuatu , aku tau karena itu bukan sikapnya seperti biasa terhadapku. Aku berhenti sesaat .“ Lina, bentar kamu aneh dch tadi, nyembunyiin sesuatu ya tadi, gag biasanya kamu kayak  gitu, jujur dch ada pa ?” tanyaku yang saat itu mempunyai firasat tak baik.
“ Dyra...ra...maafin aku harus menunjukan sesuatu ma kamu, aku liat Andri disini. ” jawabnya sambil menunjukan sosok Andri di meja dekat sudut . Terlihat Andri sedang duduk berduaan dan memegang tangan seorang cewek yang tak ku kenal. Air mataku mengalir, dadaku sesak seperti tertimpa sesuatu yang sangat sakit, tanganku gemetar, jantungku berdetak kencang  dan aliran darahku mengalir deras terasa diseluruh tubuhku. Segenap hatiku luluh lantak melihat semua ini dan tak kuasa meredam amarah, kekecewaan serta pedihku.
“ AAAAAAANNNDRIIII  !!!! “ kataku lirih dengan menahan sakit yang amat luar biasa di seluruh hati dan tubuhku.
            Aku dan lina berjalan mendekati mejanya, sesampai dimejanya aku terdiam menatap Andri dengan airmataku yang mengalir deras. Lina memegang tanganku erat karena ia tahu sangat berat dan sakit hatiku melihat kenyataan ini. Andri terkejut melihatku menangkap basah perselingkuhannya.
“  DYRA ..”: katanya terkejut . “ Sayang ..aku bisa jelasin semuanya, maafin aku..aku ngga ngapa-ngapain ma Amy .“  kata Andri menjelaskan alasan palsunya.  “ Dia temennya sahabatku .“ jawabnya. “ What ? temen ?? KAMU  bilang temen tapi tadi pegang tangannya dan sangat mesra.” jawabku dengan emosi dan airmata yang dah ga bisa aku tahan lagi. Gadis itu  bernama Amy, dia hanya duduk terpaku dengan wajah pucat pasi dan malu karena tertangkap basah selingkuh dengan pacarku. Seluruh ruangan cafe hening melihat ke arah ku yang menangkap perselingkuhan pacarku. Mereka melihat dengan wajah iba melihatku yang berurain air mata ,mereka memandang Andri dan Amy dengan wajah sinis seolah mengutuk perbuatan mereka terhadapku.
            Andri mencoba memeluku tapi aku melawan, ia mencoba meminta maaf padaku dan memegang tanganku, aku melepaskan tangannya.
“ THANKS BUAT SEMUANYA..KITA THE END AMPE DISINI ..GOOD BYE . “  kataku tegas sambil mengelap airmataku yang masih mengalir. “ Ini hadiah untuk cowok yang udah sering nyakitin sahabatku.” kata Lina sambil menumpahkan minuman dan makanan ke wajah Andri dan Amy.
            Aku berlari keluar cafe ,terdengar semua orang bersorak mengejek Andri. Aku udah gag sanggup lagi menahan sakitku. Lina menjalankan mobil dan dia hanya terdiam melihatku menangis, tiba-tiba dia memberhentikan mobilnya di pinggir jalan dekat taman kota yang sudah sepi karena udah larut malam dan mengajakku keluar mobil. Di sebuah bangku taman aku duduk terdiam, tangisanku sudah berhenti. Aku termenung selama setengah jam dengan setia Lina menemaniku disampingku.
“ Udah lupain semua yang udah terjadi, anggap semua yang kamu alamin ma cowok brengsek itu gag pernah ada, tutup cerita dan semangat buat lanjutin hdup mu buat hal yang bermanfaat dan indah..lupain...ok...” ujar Lina menasehatiku dengan sangat pengertian dengan keadaanku saat ini. “ ea...aku akan tutup cerita...mulai ini aku akan memulai hariku dengan hati yang baru dan semangat membangun diriku yang baru...aku sakit banget .. dan gag akan pernah maafin dan gag akan berhubungan lagi dengan andri ..titik...aku buka hidupku yang baru .” kataku sambil memaksakan diriku untuk tersenyum kecil.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar